Selamat Datang DiBlogger PanjimardzukiHidayat => Follow @InfoPerintis46 => Follow Admin @Panjianderson25 => Terima Kasih atas Kunjunganya Di Blogger PanjimardzukiHidayat => Selamat Membaca => Jangan lupa Komentar => WarnetPerintis46Net => Dukung Atlet Indonesia menjadi yang Terbaik => Terima Kasih atas kepercayaan anda semua yang telah berkomentar dan mengunjungi situs kami => Berita Dan Informasi baru hadir setiap minggu di blogger panjimardzukihidayat Panji Mardzuki Hidayat: Tips Menghadapi Masalah Dan Cobaan hidup

Rabu, 31 Juli 2013

Tips Menghadapi Masalah Dan Cobaan hidup

Menghadapi Masalah Hidup – Bukan hal biasa jika berbicara tentang masalah dan cobaan dalam menjalani kehidupan didunia ini. Ada kalanya Tuhan mengijinkan kita mengalami ujian, dengan waktu dan  tempat yang tanpa kita ketahui. Oleh sebab itu kita jangan sampai dipatahkan oleh sebesar apapun masalah dan cobaan yang menimpa kehidupan ini.

MASALAH COBAAN HIDUP
MASALAH COBAAN HIDUP
Yang paling penting adalah bagaimana kita sabar mengadapi masalah hidup yang tengah terjadi. Karna menurut pengalaman Kesabaran akan cobaan adalah sangat penting didalam setiap tantangan dan cobaan.
Maka pada kesempatan ini, kita akan share beberapa Tips Untuk Menghadapi Masalah Dan Cobaan hidup dengan mudah. Adapun sumbernya adalah disaring dari berbagai pengalaman orang2 yang tengah mengadapi atau pernah menadapi masalah dan cobaan dalam kehidupan.
Ada banyak ragam cara untuk menghadapi, mengatasi dan menyelesaikan maslah hidup, berikut adalah tips – tips tersebut :

Bagaimana Mengatasi Masalah Dengan Cara Tepat ?

Masalah Merupakanhal yang paling tidak diharapkan hadir dalam kehidupan setiap kita, bahkan masalah bisa datang dengan sendirinya tanpa harus dicari dan diundang kedatangannya. Dan itulah keunikan dari masalah, yaitu bisa datang dengan sendirinya atau harus dicari terlebih dahulu.
Tips masalah hidup
Tips masalah hidup
jika saat ini anda adalah sedang menghadapi masalah.  Simak cara berikut :
Jangan Panik ketika mengadapi masalah
“Don’t be panic”, mungkin anda sering mendengar kata-kata tersebut ketika anda sedang tertimpa masalah. Yupz, memang benar. Jangan pernah panik ketika anda sedang tertimpa sebuah masalah yang malah membuat anda tidak bisa berpikir jernih tapi bersikaplah tenang dan pikirkan solusi untuk masalah anda tersebut.
Jangan Emosional Saat Masalah terjadi
Mungkin ini sulit anda lakukan jika anda seorang yang tempramental atau cepat marah. Ketika anda meluapkan emosi anda ketika menghadapi sebuah masalah, ini malah membuat anda tak bisa berpikir tenang. Bahkan, teman anda sendiri tak mau membantu masalah anda karena sifat emosional anda tersebut.
Jangan Tergesa-gesa mengadapi suatu permasalahan
Seseorang yang sedang mengahadapi sebuah masalah biasanya akan bertindak tergesa-gesa. Hal ini sangat tidak dianjurkan, karena perbuatan yang terggesa-gesa biasanya tanpa menggunakan pemikiran yang matang dan malah akan membuat masalah baru muncul.
Berpikir Positif dalam situasi masalah
Ketika anda berpikir positif anda dapat dengan mudah menerima sebuah masalah sebagai cobaan atau salah cara agar anda lebih dewasa. Dengan berpikir positif juga dapat membuat anda berpikir solutif untuk mencari solusi.
Berpikir Kreatif mengadapi masalah
Putarlah otak anda sebaik mungkin denga mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Keluarkan ide-ide yang selama ini ada dibenak anda yang mungkin dapat membantu keluar dari masalah tersebut. Untuk lebih mudah berpikir kreatif anda harus lebih banyak mencari informasi, lalu olah informasi tersebut sebagai cara keluar dari masalah anda.
Diskusikan masalah yang dihadapi
Jika anda sudah tidak dapat menghadapi dan mengatasi masalah anda, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah berdiskusi atau berbagi cerita tentang masalah anda. Pilih orang yang menurut anda dapat mengerti permasalah dan dapat memberikan solusi. Jikapun masalah anda terlalu pribadi, anda dapat mendiskusikannya di dunia maya seperti di forum-forum, milis, maupun chatting.
Dekatkan Diri Dengan Tuhan
Jika anda selama ini kurang dekat dengan Tuhan, cobalah untuk mendekatkan diri anda dengan diri-Nya. Yang paling penting adalah jangan hanya mendekatkan diri anda dengan Tuhan ketika sedang tertimpa masalah, tapi cobalah untuk setiap saat. Hal ini juga dapat membantu berpikir tenang dan berpikir positif setiap anda tertimpa masalah.
Jangan Putus Asa menghadapi masalah
Inilah yang paling penting dari semua poin penting diatas. Jika anda mudah putus asa, yakinlah masalah anda tak akan pernah terselesaikan bahkan menjadi semakin runyam. Ingatlah sebuah pribahasa “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”. Tancapkan dalam hati anda bahwa jika anda dapat melewati masalah ini maka anda akan mendapatkan kebahagian melebihi kepedihan masalah anda tersebut.

Ketika MASALAH dan COBAAN didalam RUMAH TANGGA

Menjalani kehidupan rumah tangga kadang bisa saja menimbulkan masalah baik itu kecil ataupun besar. Walau umumnya ini disebut2 sebagai “bumbu kehidupan rumah tangga”, Namaun kalau tidak tepat penanganannya bisa jadi masalah besar terjadi dalam rumah tangga.
Terutama  pasangan  yang baru saja memulai (menikah) dan hidup bersama2 mertua. Perhatikanlah beberapa Tips Mengatasi Masalah kehidupan rumah tangga:
PERMASALAH JANGAN SAMPAI KELUAR KAMAR
Usahakan jika ada masalah jangan sampai masalah tersebut keluar dari kamar tidur anda. Dengan kata lain hanya anda dan pasangan anda saja yang mengetahuinya. Orang tua, saudara, apalagi anak-anak anda sebisa mungkin jangan ada yang mengetahui jika anda dengan pasangan anda ada masalah. Bicarakan dan selesaikan permasalahan anda berdua hanya didalam kamar. Disini dituntut kedewasaan anda berdua karena anda harus membicarakan dengan suara dan intonasi yang tidak tinggi serta pengertian dari masing-masing pihak. Juga harus menahan diri agar tidak melakukan kekerasan fisik kepada pasangan. Jangan sampai ada orang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya tahu bahwa anda ada masalah karena (maaf) terkadang saran dari pihak lain justru tidak menyelesaikan masalah malah menambah runyam suasana.
Lantas bagaimana harus bersikap di luar kamar? bersikap wajar saja seperti tidak ada apa-apa diantara anda berdua. Sulit? tentu saja.. siapa bilang gampang.. kita harus berakting seperti bintang sinetron profesional nih. Meskipun ada rasa marah atau jengkel kepada pasangan, kita harus tetap tersenyum ke dia, ngobrol, belai rambutnya, mijitin dia (uuuughh.. padahal rasanya pingin ngomel-ngomel plus nampar… hahahaha becanda.. becanda..) Tapi dibalik kepura-puraan anda itu ada keuntungannya lho.. seperti apa? melihat pasangan tersenyum, ngambilin kita minum atau makanan, bercanda dengan kita, dsb bisa me-refresh pikiran dan emosi kita. kita bisa melihat kembali sisi positif atau hal-hal baik dari pasangan kita. Itulah salah satu modal awal yang sangat penting.
Lalu anda harus merubah “hati” anda, maksudnya ialah saat dalam proses ber”pura-pura” ini, jika awalnya anda melakukan sesuatu untuk dia dengan tidak sepenuh hati, maka kali ini lakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas. Insyaallah dengan begitu kita akan beranggapan bahwa apa yg pasangan kita lakukan untuk kita adalah dengan keikhlasan juga. Hal itu untuk menumbuhkan benih-benih MAAF di hati kita. Setelah itu kita intropeksi diri masing-masing. Coba renungkan sudah benarkah hal yang telah anda tuduhkan ke pasangan anda, dimana letak kesalahan yang telah anda lakukan serta dampaknya untuk pasangan anda. Namun jangan pernah sekali-kali berpikiran untuk mencari pembenaran dan pembelaan diri. Kemudian kita bicarakan kembali baik-baik dengan pasangan kita hingga masalah tersebut tuntas. Jangan lupa berdoa semoga diberi petunjuk oleh Allah jalan keluar yang terbaik.
MASALAH JANGAN KELUAR RUMAH
Namun jika masalah belum sempat terselesaikan dan akhirnya terlepas keluar kamar sehingga orang tua, sodara, atau anak-anak kita mengetahuinya, usahakan jangan sampai permasalahan tersebut keluar dari rumah. Bagaimana caranya?
Meskipun orang-orang serumah sudah tahu bahwa anda dan pasangan sedang ada masalah, tetap saja anda berdua tidak diijinkan untuk meluapkan emosi seenaknya saja.. jangan lantas berbicara dengan berteriak-teriak, melakukan kekerasan fisik, atau banting barang kanan-kiri ( ada piring terbang, panci terbang, cobek terbang.. ckckckck) Tetap kembali lakukan cara-cara seperti point no.1 diatas. Jika ada saran dan petunjuk dari orang tua dan sodara, jangan diterima dengan mentah-mentah apalagi saran-saran tersebut ada kesan menyalahkan salah satu pihak.. pilah-pilah dengan bijak
Bagaimana Jika Masalah rumah tangga diketahui orang lain?
Nah jika memang permasalahan kita udah jadi konsumsi masyarakat alias tersebar ke telinga tetangga-tetangga kita, jangan panik. Jika masalah sudah selesai sih tidak apa-apa.. lha kalo belum?? kembali aja ke prinsip pertama.
Demikian Tips Menghadapi Masalah Dan Cobaan hidup yang dapat anda terapkan ketika sedang menghadapi sebuah masalah. Satu Kutipan untuk anda  “jangan terjatuh kedalam lubang yang sama” yaitu jika anda sudah berhasil melewati masalah tersebut, jangan sampai masuk kedalam masalah itu lagi. Jadikan masalah tersebut sebagai sebuah pengalam yang dapat mendewasakan anda. Selamat mengadapi Masalah !
Artikel bertopik Keluarga, Sosial, Tips dan on oleh .
Sumber :  http://tipssahabat.com/cara-menghadapi-masalah-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar